Pakai baju Hitam atau Putih untuk Tragedi Mei ’98

Poster Mei 98

Mempertahankan ingatan bersama mengenai sebuah tragedi menjadi penting, terutama ketika negara secara resmi tidak menganggap peristiwa ini nyata ada. Ketika negara dan banyak warga meragukan adanya Tragedi 13 – 14 Mei, maka peristiwa ini nyaris hilang dari perbincangan. Ketika para korban yang merasa tidak mendapatkan haknya untuk diperlakukan adil berusaha melupakan dan menekan ingatan terhadap tragedi sedalam mungkin dibawah sadar, maka peristiwa ini akan semakin dianggap fiktif oleh generasi mendatang. Demikian pula dengan peristiwa penculikan para aktivis reformasi yang hingga kini masih gelap, tanpa adanya perhatian dari pemerintah dan publik luas, maka yang tersisa hanyalah kepedihan keluarga korban penculikan. Bahkan dikhawatirkan ketidakpedulian pemerintah terhadap pengusutan kasus Tragedi Mei 98, adalah sebuah proses pembiaran dan pelupaan yang disengaja oleh negara, sebuah amnesia politik untuk mengubur dalam-dalam lembar hitam sejarah bangsa – tanpa ingin belajar darinya agar tak terulang lagi di masa depan.

Poster di atas mengajak kita bersama untuk gunakan baju hitam atau putih disekitar tanggal 12 -15 Mei 2009, sebagai sebuah gerakan simbolik untuk bersimpati serta mengenang para korban Tragedi Mei 1998. Diharapkan hal ini menjadi awal dari sebuah upaya untuk mempertahankan ingatan kolektif tentang Tragedi Mei, agar kebenaran dapat terungkap. Karena sesungguhnya kita berhutang pada para korban, dan pada kebenaran.

Link dokumen: Poster Mei 98 format pdf: Poster Mei 98

3 responses to “Pakai baju Hitam atau Putih untuk Tragedi Mei ’98

  1. bro, gw minta beberapa gambarnya mau gw uplaod di facebook gw yak.. thanks.. hehe

  2. grafisosial

    Silakan bro!

  3. mohon izin utk menggunakan gambarnya di profile pic, sbg tanda pro/simpati atas para korban Mei 98 dan keluarga/kerabat yg masih memperjuangkan keadilan. terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s