Korban Lumpur Menuntut Keadilan di Jakarta

porong99

Selasa 11 November ini sekitar 130-150an warga dari empat desa terdampak di Porong Sidoarjo, melakukan  unjuk rasa di depan Istana Negara Jakarta. Mereka menuntut Bakrie menun taskan kewajibannya sesuai Peraturan Presiden No. 14/ 2007. Mereka meminta pembayaran ganti-rugi yang tersisa 80 persen segera dilunasi. Bahkan masih terdapat sekitar 1360KK dari keempat desa yang belum mendapat sama sekali ganti rugi. 

porong3  porong92  

Poster-poster dari kertas manila dan spidol tebal yang mereka usung pada umumnya menyerang Aburizal Bakrie yang dianggap sebagai pemilik Lapindo Brantas – sebagai perusahaan yang paling bertanggung jawab terhadap bencana ini. Ada pula poster yang diberi gambar  atau ilustrasi yang cukup menarik, dengan goresan cukup ekspresif. Selain poster tersebut terdapat spanduk  putih dengan tulisan cat merah yang berbunyi mendukung Peraturan Presiden dan  meminta dilaksankan dengan konsisten. Bahkan seorang pengunjuk rasa mengekspresikan  pemikirannya dengan  cara menulisi baju kaosnya.

porong951  porong96

 

Masalah ini menjadi semakin menguat kembali setelah  beberapa waktu lalu di Cape Town, Afrika Selatan berlangsung Konferensi ahli Geologi dan pertambangan  internasional. Dalam pertemuan itu mayoritas ahli geologi yang hadir sepakat bahwa luapan lumpur di Sidoarjo akibat kesalahan  pengeboran. 

Dari Istana Merdeka warga Sidoarjo kemudian long march ke Bunderan HI meneruskan aksi. Warga Korban Lumpur ini bertekad untuk tetap tinggal di Jakarta hingga tuntutan mereka terpenuhi. Untuk itu mereka menginap di kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), jalan Diponegoro no.74. Untuk kebutuhan logistik sehari-hari nampaknya mereka membutuhkan dukungan dari warga DKI yang peduli pada perjuangan korban lumpur Lapindo. Kepada anda yang ingin membantu pengadaan logistik dan kebutuhan harian mereka selama di Jakarta, silakan  langsung mengantarkannya ke kantor YLBHI, atau hubungi 021 3145518.

porong98

One response to “Korban Lumpur Menuntut Keadilan di Jakarta

  1. mas….apa kita buat pameran poster ttg lapindo yuk….buat bentuk kepedulian dr dunia grafis (untuk sosial)
    salam

    -adit- (juga)

    hiduplah indonesia raya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s