Beberapa kutipan tentang tindak anarki 1 Juni

Hentikan Vigilantisme FPI

Penyerangan massal terhadap Aksi damai Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB) oleh Laskar Pembela Islam, sayap organisasi Front Pembela Islam (FPI) di Monas, Jakarta pada tanggal 1 Juni lalu jelas merupakanm anarkisme. Selain menganiaya fisik para korban, penyerangan ini  mencederai akal sehat, melukai nurani, dan mencabikmoralitas yang dijunjung tinggi oleh setiap agama dan sistem keyakinan.

Kutipan tulisan oleh Achmad Munjid dalam rubrik Pendapat, di  Koran Tempo, Jumat 6 Juni 2008

Kewajiban Negara Lindungi Kebinekaan Warganya

Tindakan kekerasan yang dilakukan terhadap sebuah keompok oleh yang lainnya akan berdampak pada melemahnya kohesifitas sosial-politik masyarakat yang ada di negara tersebut. Kesatuan sosial akan terancam dan rentan meletupkan konflik antarberbagai elemen yang berbeda. Pada tingkat kognitif kejadian tersebut secara tidak langsung akan memperlemah kesadaran sekaligus keyakinan warga negara atas prinsip dan filosofi bangsa dan negara tempat mereka lahir, tumbuh dan menghembuskan napas terakhir.

(Adapun implikasi) yang kedua adalah hilangnya kepercayaan warganegara terhadap kemampuan otoritas dalam melidnungi hak-hak warganegara terhadap keampuan otoritas dalam melindungi hak-hak kewargaannya. Ketika sebuah kelompok berani melakukan kekerasan di sebuah daerah yang secara simbolik dekat dengan otoritas formal tertinggi kenegaraan, maka itu akan menjadi poin signifikan dalam menurunkan kepercayaan warga negara yang menjadi obyek kekerasan, dan kaum minoritas secara umum terhadap otoritas negara. Mereka tidak lagi percaya pada kemauan sekaligus kemampuan otoritas kenegaraan dalam memproteksi warganya dari segala bentuk ancaman. Baik ancaman yang datang dari luar negeri, terlebih lagi ancaman yang muncul dari sesama warga (dalam negeri)

 

Dikutip dari artikel

Muhammad Ja’far

“Kewajiban Negara Lindungi Kebinekaan Warganya”

Media Indonesia Jumat 5 Juni 2008

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s