60X Aksi Diam Kamisan

 

 

Aksi diam Kamisan ke-60 membawa media spanduk sebagai sebuah tuntutan. Desainnya cukup jelas dan langsung. Setidaknya  spanduk ini menjadi sebuahpembeda dari aksi-aksi sebelumnya.

 

 

 

 

Pada foto di atas terlihat spanduk lain yang berjudul “Aksi Diam melawan Impunitas”, yang dibuat dengan teknik cetak digital. Menggunakan huruf capital sanserif dengan legibility yang cukup tinggi. Desainnya sangat formal, jelas dan langsung. Untuk sebuah aksi di ruang publik spanduk demikian cukup menjadi daya tarik bagi publik, ataupun nilai berita bagi wartawan dan redaksi media massa. Namun akan lebih ideal apabila semua spanduk yang digunakan dalam aksi diam ini menggunakan warna hitam sebagai warna dasar. Hal ini sesuai dengan dresscode peserta aksi diam: hitam.

 

Di Harian Kompas Kemarin (Kamis 10 April) diberitakan bahwa Komnas HAM akan membawa  masalah sikap Menhan Juwono Sudarsono serta sikap Kejagung RI mengembalikan berkas penyidikan Komnas HAM ke Dewan HAM PBB. Hal ini dimaksud agar pemerintah RI bersikap lebih serius menangani kasus HAM di Indonesia. Terlihat Komnas HAM bekerja sangat keras untuk mewujudkan penegakkan HAM di Indonesia. Untuk itu kita sebagai masyarakat perlu terus mendukung upaya upaya Komnas HAM serta juga aksi diam Kamisan dari Jaringan Solidaritas Korban dan Keluarga korban. Hanya dengan sikap kritis masyarakat madani maka upaya pelupaan sejarah dapat dihindari. 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s