Desain Grafis untuk Perubahan Sosial

boeng.jpg

 

Desain Grafis adalah disiplin ilmu dan profesi untuk menyampaikan pesan berupa gambar (dalam bentuk foto, ilustrasi, dan tulisan) kepada publik dengan efektif. Medianya mulai dari surat kabar, majalah, hingga poster dan pamflet, dan terakhir audio visual serta animasi di televisi, film, multimedia interaktif serta situs web. Jenis pesan yang disampaikan pun beragam, mulai dari berjualan sabun dan pasta gigi hingga berjualan ide Hak Asasi Manusia ataupun berjualan tokoh publik dalam Pemilu Presiden.

Berangkat dari kesadaran untuk menggunakan desain grafis sebagai sarana edukasi publik secara kritis, maka Perhimpunan Grafisosial Indonesia atau Grafos didirikan. Grafos adalah sebuah lembaga non-profit dan non-partisan dengan misi pemberdayaan Desain Grafis demi perubahan sosial menuju masyarakat Indonesia yang inklusif, multikultur, dan kritis serta menjunjung Hak Asasi Manusia. 

Dalam kegiatannya Grafos – secara mandiri maupun bekerjasama dengan lembaga lain yang memiliki kesamaan visi dan misi – merancang berbagai media desain grafis yang berguna bagi publik dalam melakukan perubahan sosial menuju kehidupan yang semakin baik.

 

3 responses to “Desain Grafis untuk Perubahan Sosial

  1. saya setuju aja yang penting kita berpacu dengan sehat dan kebaikan semua orang kalo situs upload desain kita dimana ya

  2. bravo, memang dunia perlu semakin banyak Grafo2 yg lain agar dunia semakin komunikatif dalam perubahannya yang dapat menyelamatkan manusia.

  3. caranya bisa ikutan naggota gimana mas…..uda nyebar ke daerah2 mana aj mas…..thanx…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s